Kerajinan Mebel Kayu Jati, Salah Satu Produk Unggulan Bojonegoro

Salam Blogger – Sobat kali ini saya mau sedikit berbagi mengenai potensi Kota saya tercinta Bojonegoro nih, sebelumnya saya mau bertanya kepada sobat sekalian terutama yang berdomisili di luar kota Bojonegoro, Jatim. Apa sih yang kalian dengar atau ketahui pertama kali tentang Kabupaten Bojonegoro? hhe

Kebanyakan orang luar daerah pasti bakal menjawab Persibo, Khayangan Api, Tembakau, Kota Minyak, Kota Ledre, Kota Jati dll, Sebetulnya Bojonegoro itu mempunyai banyak potensi lho sobat ya mungkin banyak yang belum terpublikasikan secara luas saja. Mulai tempat wisata, kuliner, kerajinan, sumberdaya alamdan kebudayaan semuanya ada.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sekaligus mereview salah satu kerajinan Bojonegoro. Ya, Kerajinan Mebel Kayu Jati.
pengerajin yang sedang bekerja. (sumber foto)
Tepatnya di desa Sukorejo yang letaknya berada didalam kota, kalau masyarakat Bojonegoro mengenalnya dengan daerah Singonoyo, jalan Brigjen Sutoyo. kalo dengan rumah saya ya lumayan dekatlah, hehe terdapat sebuah sentra industri kerajinan rumah tangga mebel, ukir dan sekaligus sebagai Showroom atau ruang pamer dari kerajinan yang merupakan salah satu produk unggulan kota Bojonegoro, seperti pameran Bojonegoro Wood Fair, yang diadakan setiap setahun sekali.

Di Sepanjang jalan ujung timur sampai barat dipenuhi Rumah-rumah yang memproduksi aneka produk khas Bojonegoro dari kayu Jati. Mulai dari lemari, buffet, meja, kursi atau tempat tidur dll. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 300 rb, 3 juta bahkan sampai puluhan juta. Pemasaran komoditas ini sudah menjangkau sampai diluar kota Bojonegoro, kota-kota di jawa timur dan kota-kota di propinsi lainnya lho sobat, dan yang pasti mebelnya berkualitas ekspor. Keren kan?
Ini salah satu prabotan rumah saya yang beli di Singonoyo
Selain Sukorejo ada juga daerah lain yang menjadi sentra Kerajinan kayu jati yakni Temayang. Apa  sih yang membedakan kerajinan kayu jati Bojonegoro dengan yang lain? Kerajinan dari Bojonegoro ini dibuat dari kayu-kayu jati asli dan memiliki umur yang bisa di bilang sudah cukup tua sobat, dengan menggunakan kayu yang tua maka hasil mebelnya dan ukirannya akan menjadi indah sehingga memberikan corak yang khas. hmm..

Oh iya Berkembangnya, kerajinan mebel di desa Sukorejo tidak lepas lokasi tempat penimbunan kayu jati (TPK) milik Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, berada di Desa Sukorejo.
TPK Desa Sukerejo, Bojonegoro. (sumber foto)
Tentu saja, Saya sebagai masyarakat Bojonegoro sangat mengapresiasi, ini merupakan potensi sangat besar untuk terus dikembangkan dan harus didorong terus pertumbuhannya agar dari waktu ke waktu mampu memberikan kontribusi yang makin signifikan terhadap perekonomian daerah Bojonegoro dan nasional. Harapan saya bukan hanya kerajinan ini saja tapi juga semua potensi yang ada bisa berkembang dan maju, sehingga bisa tercapai cita-cita "Bojonegoro Sebagai Lumbung Pangan Dan Energi Nasional", Amin

Bojonegoro Matoh !! (Bojonegoro Bagus)

Penulis : Moch Achsanul In'am

45 Komentar untuk "Kerajinan Mebel Kayu Jati, Salah Satu Produk Unggulan Bojonegoro"

  1. Keren mas... Salam Bojonegoro Matoh!!! :)

    BalasHapus
  2. Keren sobb.. :D Bojonegoro Kembangkan terus ya kereajinannya, jangan sampai kalah sama kota tetangga sebelah kota saya yaitu Jepara (Kota Ukir). Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe terimakasih sob atas dukunganya untuk bojonegoro yg lebih baik lagi :) sukses jg untuk kota kudus ya :)

      Hapus
  3. bagus-bagus mas Kerajinan mebel kayu jatinya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob yg pasti para pengerajin berusaha memberikan yg terbaik dari segi tampilan & kualitas mebel untuk kosumenya :)

      Hapus
  4. hehehe,..ini kalo dijepara juga ada sentra ukir sob,....heemhh,..sama-sama punya sentra kerajinan ukir ya di bojonegoro :D
    semoga terekploitasi dunia luar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya sob di jepara juga ada. tapi mebel bojonegoro tak kalah bagusnya dengan mebel jepara :)

      amin sob smoga saja, lambat laun juga akan terekspos ke masyarakat luar daerah

      Hapus
  5. sip..
    semoga bojonegoro bisa terus berkembang dengan baik ^_^

    BalasHapus
  6. keren sob kota Bojonegoro memang memiliki banyak potensi alam, semoga tetap maju yach kotanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget sob, cuman masih kurang terekploitasi aja. termakasih sobat atas supportnya untuk Bojonegoro :)

      Hapus
  7. bagus bagus nih sob, lanjutkan, di kotaku juga ada yang seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. di Tulungagung jg ada ya sob? kapan2 bisa dshare sob :)

      Hapus
  8. Dari sebuah kayu bisa jadi kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget bro, sumber daya alamnya sudah tersedia, tinggal kita2nya bisa memanfaatkanya dengan baik ato tidak :)

      Hapus
  9. Mana lebih bagus antara kayu jati dengan kayu mahoni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayu jati kayaknya sob, hehe karena merupakan kayu kelas satu karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu jati memiliki kelas kekuatan dan kelas keawetan. Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap

      Hapus
  10. keren gan, kalo di pontianak namanya kayu tebelian :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh.. baru tau saya gan :D termakasih atas pemberitahuanya jadi tambah wawasan :)

      Hapus
  11. baru tau aq sob..., smg aja kayu jatix gk habis2..., penanaman jg hrs dilestarikan *smile

    BalasHapus
  12. Yg sy tau memang Bojonegoro terkenal dg hasil kayu jatinya...
    Dan kalo soal hasil kerajinannya seperti yg sdh di sebutkan di atas..sy baru mengetahuinya lewat tulisan mas ini :)

    Semoga harapannya mas In'am beserta masyarakat du sana..segera terwujud ya.
    Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mas budi. kerajinan mebel ini salah satunya. alhamdulillah... kalo tulisan saya ini bisa menambh pengetahuan :) salam buat blogger jakarta ya :D

      amin matur tenkyu mas, hehe

      Hapus
  13. salam mas,keren blog barunya....saya jd follower ke 19 nih

    ngomongin kayu jati,didaerahku habis dijarah warga dulu mas masa suharto lengser.

    BalasHapus
    Balasan
    1. termakasih mas, blog satunya masih saya pake juga kok :)

      wah sayang banget mas, tp kejadian spertu memang sering terjadi di daerah2 yg memiliki hutan. smoga bs bangkit lagi ya..

      Hapus
  14. harga pasti sesuai sama kualitas nya yee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob smakin bagus kualitasnya smakin mahal juga harganya, hehe

      Hapus
  15. serba orange...kayu jati emang bojonegoro bgt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro saya suka warna orange karena saya Boromania :D
      sip !

      Hapus
  16. kayu jati memang bagus untuk bahan membuat meja kursi dan sebainya... karena katu jati tidak di sukai oleh rayap dan jamur mas... kayu jati akan menjadi racun buat rayap dan jamur.. jadi kayu jati di jamin awet... hehehehe

    welcomaback ke dunia blogger lagi ya mas.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro, biasanya kayu yg umurnya lebih tua kalo dibikin mebel ukir lebih bagus hasilnya.

      hehe iya nih lama absen ngeblog karena kesibukan ddunia nyata :D

      Hapus
  17. Jenis kayu jati memang punya daya tarik tersendiri jika di buat kerajinan ya gan, nilai jualnya pun sangat menjanjikan jika di buat mebel dan lainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kualited kayu jatinya bang, hehe
      betul, kalo udah jadi barang bakal punya nilai jual tinggi

      Hapus
  18. Ternyata Bojonegoro memiliki potensi kekayaan asli yang sangat baik prospeknya, dengan terus dikembangkannya promosi dan pengenalan2 ke dunia luar khususnya melalui media maya ini kami yakin Kota Bojonegoro akan semakin eksis dan terkenal dengan potensi kekayaan kerajinan daerahnya, semangat Bojonegoro semoga semakin sukses dan jaya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sobat betul sekali, smoga makin banyak media yg meliput potensi yg dmiliki bojonegoro, terimakasih ats supportnya untuk bojonegoro yg lebih baik lg :)

      Hapus
  19. Kayu jati tetap menjadi primadona untuk membuat kerajinan mebel kayu, hanya saja mungkin harganya yang lebih mahal daripada jenis kayu lainnya jadi hanya kalangan menengah ke atas yang bisa membelinya.
    Karena memang kualitasnya kayu jati di atas rata-rata

    BalasHapus
  20. wuih blog barunya mantep ya mas, kerajinan dari bahan kayu jati sudah tidak di ragukan lagi mas, tapi saya baru tahu kalau bojonegoro punya kerajinan dari kayu jati, terima kasih sudah berbagi info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas sama2, alhamdulillah.. sedikit demi sedikit bojonegoro bisa dikenal masyarakat luar daerah :)

      Hapus
  21. kerjaninan mebelnya masih polos ya om, kok belum tampak atau ada ukiran-ukirannya. Keren sekali ya, tiap tahun diadakan pameran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok mas yg ada seni ukir dan motifnya, kebetulan yg saya foto itu lemari saya yg saya beli disana polosan. iya mas skalian promo :)

      Hapus
  22. Lemarinya bagus... terkesan sederhana tapi bernilai seni tinggi, suka... :)

    oh itu semboya kota Bojonegoro ya... Bojonegoro Matoh.... semoga Kota Bojonegoro semakin bagus lagi dan masyarakatnya hidup tenteram, sejahtera, Amiin.... :D

    BalasHapus
  23. Kak mau tanya dong, di bojonegoro industri mebel kayu jati yang telah berkembang selain di kecamatan Sukorejo dan temayanag, ada dimana lagi yaa??

    BalasHapus
  24. If you want restoration disk, you must MiniTool Power Data Recovery free edition.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel